MAKALAH MENGENAI BENSIN

Do you like this content?



MAKALAH MID BAHASA INDONESIA


Dosen pengampu : Bapak Suharyo




OLEH :
FANDI AHMAD  C2A012011

“PENGETAHUAN MENGENAI BENSIN BAGI MASYARAKAT DEMI TERJAGANYA KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP BENSIN”


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK MESIN
2 0 1 3

A.    PENDAHULUAN

A.1. LATAR BELAKANG
Salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbrui salah satunya adalah bensin, bensin merupakan bahan bakar munyak dari fosil yang terpendam dalam tanah berjuta-juta tahun yang lalu. Sebagai salah satu bahan bakar yang tidak bisa diperbarui maka setidaknya kita tau bagaimana cara menyikapi penggunaan bahan bakar bensin dan mengetahui secara terperinci bensin itu bagaimana.
Bensin atau bisa kita sebut dengan premium adalah bahan bakar yang paling dibutuhkan diseluruh dunia untuk kendaraan bermotor, mobil ataupun masih banyak lainya. Di era modern ini bensin sangat dibutuhkan di mesin pada berbagai sektor. Tilik saja yang dekat pada negara kita Bangsa Indonesia, misalnya saja sektor Industri, transportasi, BUMN semisal PLN yang menggunakan bahan bakar bensin sebagai sumber tenaganya dan  masih banyak sektor lainya yang menggunakan bensin sebagai komoditas utama.
Dengan mengetahui struktural bensin yang baik pada kendaraan bermotor saya kira kita dapat menekan sedikit angka kebutuhan akan bensin yang tidak dapat di perbarui. Mulai dari angka oktan dari bensin yang mempengaruhi pembakaran pada mesin guna menambah pengetahuan kita memilih bahan bakar bensin yang beroktan tepat terhadap mesin yhang kita gunakan dengan sisi lain seorang yang perekonomianya tinggi harus membeli bensin yang beroktan tinggi agar subsidi yang dikeluarkan pemerintah setidaknya berkurang.
 Nilai otan pada bensin berfungsi sebagai seberapa sempurna bahan bakar tersebut terbakar dalam mesin, tiap mesin memiliki bahan bakar yang beroktan berbeda, tergantung dengan mesin yang digunakan untuk mobil-mobil yang bagus seharusnya menggunakan bahan bakar pertamax yang beroktan 92 atau pertamax plus yang beroktan 95 agar emisi pembuangan gas selalu terjaga dan memperpanjnang umur kendaraan. Serta hal terse ut juga bisa mendukung program yang di terapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau BUMN dahlan Iskak untuk menggunakan bahan bakar pertamax yang tak disubsidi guna mendukung ekonomi pemerintah saat ini.
Angka oktan pada bensin itu sendiri juga berbeda disetiap negara mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Semakin tinggi agka oktan pada bensin semakin mahal pula harga untuk menjual bensin tersebut.
Motor sendiri memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan mesin itu sendiri agar kinerja mesin maksimal dan optimal. Bensin sendiri memiliki nilai oktan yang berbeda-beda dan nilai tersebut yang menjadi penentu pemilihan untuk bahan bakar motor.

            Semakin tinggi angka oktan, sudah pasti harganya pun semakin mahal. Namun, jangan langsung berasumsi bahwa bahan bakar ber-oktan tinggi akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi pula. Jangan lupa untuk mencermati spesifikasi motor dalam perbandingan rasio kompresi.
Kompresi mesin vs angka oktan bensin:

1:7–1:9 menggunakan 88 (Premium)
1:9,1–1:10 menggunakan bensin beroktan 92 (Pertamax dan sejenisnya)
1:10,1–1:11 menggunakan bensin beroktan 95 (Pertamax Plus dan sejenisnya).


            Bahan bakar bernilai oktan rendah lebih mudah terbakar. Sementara itu, semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Hal tersebut dikarenakan mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar. Yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api.

            Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Perlahan namun pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong.

            Bahan bakar bernilai oktan lebih tinggi, umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan berarti lebih bertenaga. Karena keuntungannya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka hanya akan menjadi pemborosan uang.

            Dengan begitu, dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi, kecuali adanya modifikasi pada mesin. Bensin yang gagal terbakar akibat oktan terlalu tinggi, bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar.
Untuk ciri-ciri bensin itu sendiri disetiap negara memiliki suatu yang berbeda yaitu warna pada bensin untuk premium sendiri di Indonesia di beri warna kuning keemasan seabagi identitas bahan bakar bensin bangsa ini. Lainkan hal dengan gas LPG, bensin tidak diberi bau terlalu mencolok karena sifat bensin itu sendiri yaitu penguapan bensin itu sendiri terhadap reaksi dengan udara sangatlah rendah, lainkan hal dengan LPG yang sangat mudah bereaksi dan menguap jikia bertemu dengan udara.
Maka dari itu kita setidaknya mengetahui struktur bensin yang tepat pada mesin kita seperti apa hal yang diperlukan mesin. Hal ini sangat berguna bagi kesehatan mesin tersebut dan juga mendukung program negara kita.

A.2. RUMUSAN MASALAH

1.      Pengertian bensin dan oktan pada bensin?
2.      Pembahasan secara mendalam dan lebih detail pada bensin untuk pengetahuan masyarakat Indonesia?
A.3. TUJUAN
Tujuan nyata dari pembuatan makalah ini adalah guna menambah ilmu pengetahuan lebih mendalam pada masyarakat teruntuk bahan bakar bensin itu sendiri secara detail agar masyarakat mengetahui dengan baik cara penggunaan bensin yang tepat dan agar masyarakat lebih peduli dengan bahan bakar terutama dalam hal ini bahan bakar bensin yang sangat besar digunakan di dunia ini, dengan sisi lain kita mencari bahan bakar
A.4. LANGKAH KERJA
Langkah kerja yang saya terapkan dalam pembuatan makalah mengenai bensin adalah mengumpulkan referensi sebanyak mungkin terhadap bensin – disusun menggunakan bahasa sendiri yang saya usahakan dapat dimengerti dengan mudah oleh pembaca terutama untuk masyarakat yang membaca makalah ini.
-          Pengumpulan materi mengenai bensin
-          Membacamateri mengenai bensin ATAU OBSERFASI MENGENAI BENSIN (dicocokan dengan keadaan lingkungan saat ini)
-          Membuat kerangka makalah
-          Membuat makalah lebih dalam
-          Revisi dan evaluasi











B. PEMBAHASAN
B.1. PENDALAMAN SECARA UMUM DAN MENDALAM MENGENAI BENSIN DAN NILAI OKTAN
Bensin, atau Petrol (biasa disebut gasoline di Amerika Serikat dan Kanada) adalah cairan bening, agak kekuning-kuningan, dan berasal dari pengolahan minyak bumi yang sebagian besar digunakan sebagai bahan bakar di mesin pembakaran dalam. Bensin juga dapat digunakan sebagai pelarut, terutama karena kemampuannya yang dapat melarutkan cat. Sebagian besar bensin tersusun dari hidrokarbon alifatik yang diperkaya dengan iso-oktana atau benzena untuk menaikkan nilai oktan. Kadang-kadang, bensin juga dicampur dengan etanol sebagai bahan bakar alternatif.
Kini bensin sudah hampir mejadi kebutuhan pokok masyarakat dunia yang semakin dinamis. Bahkan orang Amerika menggunakan 1,36 miliar liter bensin setiap hari.
Karena merupakan campuran berbagai bahan, daya bakar bensin berbeda-beda menurut komposisinya. Ukuran daya bakar ini dapat dilihat dari Oktan setiap campuran. Di Indonesia, bensin diperdagangkan dalam dua kelompok besar: campuran standar, disebut premium, dan bensin super.
Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.
Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.
Beberapa angka oktan untuk bahan bakar:
·         87 → Bensin standar di Amerika Serikat
·         88 → Bensin tanpa timbalPremium
·         91 → Bensin standar di Eropa, Pertamax
·         92 → Bensin standar diTaiwan
·         91 → Pertamax
·         95 → Pertamax Plus
Angka oktan bisa ditingkatkan dengan menambahkan zat aditif bensin. Menambahkan tetraethyl lead (TEL, Pb(C2H5)4) pada bensin akan meningkatkan bilangan oktan bensin tersebut, sehingga bensin "murah" dapat digunakan dan aman untuk mesin dengan menambahkan timbal ini. Untuk mengubah Pb dari bentuk padat menjadi gas pada bensin yang mengandung TEL dibutuhkan etilen bromida (C2H5Br). Celakanya, lapisan tipis timbal terbentuk pada atmosfer dan membahayakan makhluk hidup, termasuk manusia. Di negara-negara maju, timbal sudah dilarang untuk dipakai sebagai bahan campuran bensin.
Zat tambahan lainnya yang sering dicampurkan ke dalam bensin adalah MTBE (methyl tertiary butyl ether, C5H11O), yang berasal dan dibuat dari etanol. MTBE murni berbilangan setara oktan 118. Selain dapat meningkatkan bilangan oktan, MTBE juga dapat menambahkan oksigen pada campuran gas di dalam mesin, sehingga akan mengurangi pembakaran tidak sempurna bensin yang menghasilkan gas CO. Belakangan diketahui bahwa MTBE ini juga berbahaya bagi lingkungan karena mempunyai sifat karsinogenik dan mudah bercampur dengan air, sehingga jika terjadi kebocoran pada tempat-tempat penampungan bensin (misalnya di pompa bensin) MTBE masuk ke air tanah bisa mencemari sumur dan sumber-sumber air minum lainnya.
Etanol yang berbilangan oktan 123 juga digunakan sebagai campuran. Etanol lebih unggul dari TEL dan MTBE karena tidak mencemari udara dengan timbal. Selain itu, etanol mudah diperoleh dari fermentasitumbuh-tumbuhan sehingga bahan baku untuk pembuatannya cukup melimpah. Etanol semakin sering dipergunakan sebagai komponen bahan bakar setelah harga minyak bumi semakin meningkat.
Semakin tinggi angka oktan, sudah pasti harganya pun semakin mahal. Namun, jangan langsung berasumsi bahwa bahan bakar ber-oktan tinggi akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi pula. Jangan lupa untuk mencermati spesifikasi motor dalam perbandingan rasio kompresi (CR).

Bahan bakar bernilai oktan rendah lebih mudah terbakar. Sementara itu, semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Hal tersebut dikarenakan mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar. Yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api.

Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Perlahan namun pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong.

Bahan bakar bernilai oktan lebih tinggi, umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan berarti lebih bertenaga. Karena keuntungannya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka hanya akan menjadi pemborosan uang.

Dengan begitu, dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi, kecuali adanya modifikasi pada mesin. Bensin yang gagal terbakar akibat oktan terlalu tinggi, bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar
B.2. KELEMAHAN DAN PENGERTIAN PREMIUM
Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia. Premium di Indonesia dipasarkan oleh Pertamina dengan harga yang relatif murah karena memperoleh subsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya 88. Pada umumnya, Premium digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti: mobil, sepeda motor, motor tempel, dan lain-lain. Bahan bakar ini sering juga disebut motor gasoline atau petrol.
Dari sisi lingkungan, Premium masih memiliki kandungan logam berattimbal yang berbahaya bagi kesehatan.
Dari sisi teknologi, penggunaan Premium dalam mesin berkompresi tinggi, akan menyebabkan mesin mengalami knocking atau 'ngelitik'. Sebab, Premium di dalam mesin kendaraan akan terbakar dan meledak tidak sesuai dengan gerakan piston. Knocking menyebabkan tenaga mesin berkurang, sehingga terjadi inefisiensi.
Dari sisi finansial, knocking yang berkepanjangan menyebabkan kerusakan piston. Sehingga kendaraan bermotor harus diganti pistonnya
b.      KEUNGGULAN DAN PENGERTITAN PERTAMAX (BENSIN ATAU PREMIUM BEROKTAN TINGGI)
Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax, seperti halnya Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).
1.    Pengertian bensin dan oktan pada bensin?

Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.
Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.
2.    Pembahasan secara mendalam dan lebih detail pada bensin untuk pengetahuan masyarakat Indonesia?

Semakin tinggi angka oktan, sudah pasti harganya pun semakin mahal. Namun, jangan langsung berasumsi bahwa bahan bakar ber-oktan tinggi akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi pula. Jangan lupa untuk mencermati spesifikasi motor dalam perbandingan rasio kompresi (CR).

   Bahan bakar bernilai oktan rendah lebih mudah terbakar. Sementara itu, semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Hal tersebut dikarenakan mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar. Yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api.
   Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Perlahan namun pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong.

   Bahan bakar bernilai oktan lebih tinggi, umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan berarti lebih bertenaga. Karena keuntungannya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka hanya akan menjadi pemborosan uang.

   Dengan begitu, dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi, kecuali adanya modifikasi pada mesin. Bensin yang gagal terbakar akibat oktan terlalu tinggi, bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar.



















PENUTUP

            Pentingnya umat manusia mengetahui pengetahuan mengenai bensin akan asngat berguana bagi mereka untuk kesadaran uamt manusia untuk melestarikan lingkungan dan menggunakan sumber daya alam terutama sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
            Semoga makalh ini dapat menjadi referensi bagi pembaca mengenai pengertian bensin dan sebagainya yang teradapat pada makalah tersebut. Banyak hal yang saya ulas pada makalah tersebut seperti contoh pengertian bahan bakar terutama bahan bakar bensin atau etanol atau juga yang bisa kita sebut dengan premium, pengertian oktan dan masih banyak lagi lainya
            Umat manusia harus sadar sepenuhnya atas terbatasnya sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui terutama bensin yang sangat banyak digunakan oleh umat manusia sebagai bahan bakar kendaraan ataupun transportasi, industri, dan masih banyak hal lainya yang menggunakan bahan bakar bensin sebagai komoditas energi utama.
            Dan, pada akhirnya saya pribadi berharap semoga kehidupan umat manusia selalu dalam keadaan yang stabil dengan energi yang tersedia dibumi yang terbatas ini. Dan, manusia akan tambah peduli terhadap lingkungan hidup ini yang semakin rusak karena ulah manusia yang memanfaatkan energi yang terdapat pada lama secara berlebihan dan rakus sehingga merusak lingkungan yang dampaknya bisa kita lihat sekarang.








DAFTAR PUSTAKA

YOU MIGHT ALSO LIKE
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Facebook

0 Comment:

Posting Komentar

NOTE :

Jika bermanfaat ataupun ada pertanyaan mengenai isi salah satu atau beberapa content di blog, mohon untuk berkomentar :)

Jika mungkin terdapat komentar sara, rasis, ataupun sebagainya yang bertujuan buruk maka akan admin hapus dengan semestinya (mohon kerjasamanya untuk melapor).

Jika di dalam blog ini ada tulisan yang bisa ter anggap ber isu sara, menyindir, rasis, plagiat tanpa menyertakan sumber dan sebagainya, tolong beri tau saya melalui komentar, akan segera saya check kebenaranya dan bisa juga tindakan menghapus ataupun mengedit ulang entri di blog saya sendiri sebagai proses mediasi.

ShareThis

Check It Boss

Alfamart SEO Contest 2013

Check It Boss

Alfamart SEO Contest 2013