TIPS MENJADI PENULIS YANG BAIK

Do you like this content?


Halo gan, jumpa lagi dengan saya orang yang ga jelas sama sekali hehehe ni ane mau berbagi innformasi bagi kawan-kawan semua ahyo tentang TIPS MENJADI PENULIS YANG BAIK, di era modern ini kita cenderung takut menulis nahhhh . . pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips menjadi penulis yang baik,
mungkin tulisan ini dapat menjadi referensi bagi kita semua untuk mematahkan testimoni yang mengatakan orang-orang jaman sekarang takut untuk menulis.

                Sebenarnya banyak hal yang dapat kita ambil dalam kehidupan kita untuk tidak takut untuk menulis, seperti contohnya saha kita membuat buku harian atau yang sering disebut dengan diary bahasa anak muda sekarang. Walaupun sama-sama menulis hal tersebut akan membiasakan kita untuk dapat menulis dengan baik.
                Tips cara menjadi penulis yang baik adalah :
1.       JANGAN TAKUT MENULIS

Hal ini adalah landasan dari segala hal jika kita ingin menjadi penulis yang baik, tidak takut menulis sudah termasuk dimana kita sudah niat untuk menulis. Pikirkanlah selalu kalian tidak takut untuk menulis tulisan apapun, hal itu dapat memeberi sugesti kepada otak kita untuk tidak takut untuk menulis.

2.       PERBANYAK WAWASAN

Yang kedua adalah kita harus memiliki wawasan yang luas, orang yang suka membaca belum tentu dapat mulis tetapi orang menulis diperlukan membaca, dalam konteks tersebut jika kita ingin menjadi penulis yang baik maka kita harus memperbanyak wawasan kita keluar. Hal ini cukup berandil sebagai penilaian apakah kita sudah menjadi penulis yang baik atau belum, sepeti contohnya saja kita dalah seorang yang bergelut dibidang kesehatan, jika kita ingin menulis mengenai jantung maka kita harus memiliki prinsip dasar atau teori mengenai jantung itu sendiri. Sekarang coba bandingkan ada 2 orang mahasiswa keperawatan ingin menulis mengenai jantung tadi ang satu memiliki wawasan yang luas, dia mencari materi mengenai jantung diluar perkuliahanya dan yang satu Cuma mendapat materi mengenai jantung diperkuliahanya saja, logisnya siaakah anak yang dapat menulis tulisan mengenai jantungdengan baik? Tentunya anak yang pertama yang memiliki frekuensi besar untuk dapat menulis lebih baik dari anak lainya, maka dari itu perbanyaklah wawasan kita untuk dapat menjadi penulis yang baik.



3.        PERBANYAK MENULIS

Memperbanyak menulis adalah guru yang paling mujarap jika kita ingin menjadi penulsi yang baik Selain kita mempunyaI wawasan dalam suatu pemikiran, kita juga tidak boleh mengkesampingkan belajar menulis, belajar menulis bisa kita dapat dengan cara kita memperbanyak menulis. Jangan takut salah, memperbanyak menulis dapat membiasakan kita untuk menulis, selain kita berlatih memilih kata yang benar, menentukan tema tiap paragraf dengan sendirinya disetiap paragaraf atau secara umum ditulisan tersebut, dan juga memperbanyak menulis juga melatih kita untuk dapat memilih kalimat yang tepat pada tulisan kita. Dicuktikan saja ya kawan jika kawan-kawan semua tidak percaya J

4.       PERBANYAK “sharing” WAWASAN DENGAN ORANG SEKITAR.

Beda halnya dengan memperbayak wawasan, sharing dengan orang sekitar adalah suatu prinsip dari implementasi dari pencarian wawasan. Hal ini akan berguna ketika kita sedang mengeksekusi tulisan kita tersebut. Sharing akan lebih tertuju kepada disaat kita akan menulis kita akan mudah teringat, implementasi adri hal tersebut akan lebih membuat kita tenang ketika kita akan mulai menulis.

5.       JAGA KONDISI DALAM KEADAAN “GOOD MOOD”

Apa hubunganya dalam hal ini? Kita harus menjaga mood kita dalam keadaaan yang baik bertujuan untuk pemfokusan kita terhadap tulisa tersebut ketika kita menulis suatu tulisan. Untuk dijelaskan mungkin ini terlalu susah, kita ambil saja contohnya, ketika kita sedang menulis cerpen yang seyogyanya ditulis sekali duduk agar alur cerita tidak berubah, tetapi berbeda hasilnya ketika kita tidak dapat menyelesaikan cerpen tersebut maka alur ceriat dalam karya tersebut akan sangat berbeda. Hal tersebut biasanya sering terjadi pada orang yang tidak menjaga moodnya dalam keadaan yang baik, hal itu akan fatal terjadi terutama pada hasil tulisan yang kita buat.

6.       CARI INSPIRASI INSPIRASI SEBELUM MENULIS

Sama halnya dengan aspek mood di atas mencari inspirasi sebelum menuls juga akan menjaga mood kita dalam keadaan yang baik namun perbedaanya adalah ketika kita kana memulai menulis. Biasanya memulia tulisan lebih sulit ketika nbagian awal, mencari inspirasi sebelum menulis adalah solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Jadi cari inspirasi atau lebih tepatnya referensi dulu ya kawan ketika kalian akan memulai menulis.

7. BELAJAR MENAMBAHKAN KUTIPAN DI DALAM ARTIKEL

Hal ini tidak lain bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar mempercai tlisan yang telah kita tulis.

                Mungkin sekian yang bisa saya berikan kepada kawanku semuda disini semoga bisa menjadi referensi bagi panjenengan sedayana, matur suwun, kalau ada yang tanya silahkan komentar saja ya J

YOU MIGHT ALSO LIKE
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Facebook

0 Comment:

Posting Komentar

NOTE :

Jika bermanfaat ataupun ada pertanyaan mengenai isi salah satu atau beberapa content di blog, mohon untuk berkomentar :)

Jika mungkin terdapat komentar sara, rasis, ataupun sebagainya yang bertujuan buruk maka akan admin hapus dengan semestinya (mohon kerjasamanya untuk melapor).

Jika di dalam blog ini ada tulisan yang bisa ter anggap ber isu sara, menyindir, rasis, plagiat tanpa menyertakan sumber dan sebagainya, tolong beri tau saya melalui komentar, akan segera saya check kebenaranya dan bisa juga tindakan menghapus ataupun mengedit ulang entri di blog saya sendiri sebagai proses mediasi.

ShareThis

Check It Boss

Alfamart SEO Contest 2013

Check It Boss

Alfamart SEO Contest 2013